Jangan Bawa HP di Toilet, Nikmati Momen Itu, dan Jadilah Kreatif

Saya dan beberapa teman sedang mengikuti rapat penyelenggaraan event tahunan organisasi. Dalam rapat itu kami diwajibkan memberi usulan nama untuk event tersebut dalam bentuk akronim, yang mudah diingat. Setiap orang diberi waktu sekitar lima menit. Saya berusaha keras memikirkan nama yang sesuai dengan apa yang diminta; tapi setelah lima menit berlalu saya tak juga menemukannya.Pada saat yang hampir bersamaan, keinginan untuk membuang hajat saya rasakan. Saya meminta izin dan pergi ke toilet untuk memenuhi ‘panggilan alam’ itu. Ketika di toilet, momen eureka saya hadir, saya menemukan nama event dalam bentuk akronim yang mudah diingat. Walaupun usulan itu kalah dengan usulan yang lebih menarik dari teman lain, namun peristiwa itu menjadi salah satu pengalaman di antara sekian banyak pengalaman yang membuat saya enggan membawa HP ke toilet.

smartphone
ilustrasi orang membawa smartphone ke dalam toilet. Sumber Foto: themarketingscope.com

Kebanyakan orang tidak mau membawa HP di toilet ketika kita mandi atau ketika BAB (buang air besar) untuk menghindarkan HP mereka dari percikan air, yang tentunya membuat HP mudah rusak. Tapi tak jarang juga ada yang tetap membawa HP mereka untuk bermain game atau sekadar scroll up dan scroll down media sosial ketika sedang duduk di atas jamban. Ada juga yang membawa HP untuk mendengar lagu favorit mereka ketika mandi.

Tahukah kita saat di toilet, ketika kita mandi atau BAB adalah momen-momen tepat untuk menemukan ide-ide kreatif? Cerita di awal artikel ini menjadi satu di antara sekian banyak pengalaman ketika saya menemukan ide di toilet. Mengapa demikian?

ide kreatif
Ilustrasi menemukan Ide Kreatif. Sumber Foto: 123rf.com

Definisi kreatif

Mari kita ketahui dulu apa itu kreatif. Menurut Robert E. Franken, dalam bukunya Human Motivation, sebagaimana dikutip di dalam situs resmi California State University Northridge, kreatif adalah kecenderungan untuk menghasilkan dan mengenali ide-ide, pilihan-pilihan, kemungkinan-kemungkinan, yang mungkin berguna dalam menyelesaikan masalah, berkomunikasi dengan orang lain, serta menghibur diri kita sendiri dan orang lain.

Sementara dalam buku Flow and the Psychology of Discovery and Invention yang ditulis oleh Mihaly Csikszentmihalyi, yang dikutip oleh situs yang sama, mengatakan bahwa kreatif berkaitan dengan ide-ide yang tak biasa, kebaruan dan original.

Mengapa kita harus menjadi kreatif?

Kreativitas adalah skill (kemahiran) yang paling dibutuhkan dalam bidang apa pun karena setiap orang cenderung pada sesuatu yang baru, unik, dan tak sama di kebanyakan ide yang sudah ada. Lihatlah dalam industri mana pun dan bidang apa pun, orang-orang kreatif, yang berpikir out of the box, dan yang menemukan inovasi baru selalu menjadi leader di bidang mereka masing-masing. Mengikuti apa yang kebanyakan orang sudah lakukan dan meniru ide yang sudah ada adalah ciri bahwa kita tidak kreatif. Hal itu memang lebih mudah dilakukan, tapi kita akan mudah dilupakan. Tak heran jika pekerjaan yang tidak membutuhkan kreativitas diramalkan akan punah, karena dapat digantikan oleh robot.

konektivitas kreatif
Ilustrasi Konektivitas kreatif. Sumber Foto: infinitepathways.files.wordpress.com

Hubungan antara Kreativitas dan Toilet

Lalu apa hubungan kreativitas dan toilet?

Adam Gazzaley, M.D., Ph.D, seorang neurosaintis, dalam sebuah wawancara tentang kreativitas, mengatakan bahwa untuk menjadi kreatif seseorang sebaiknya menghindari distraksi selama sekitar satu jam dan mempraktikkan mindfulness (benar-benar terlibat dan merasakan apa yang sedang dialami). Berkaitan dengan apa yang dikatakan Gazzaley, Julie Bowker, peneliti di Departemen Psikologi University at Buffalo dalam jurnalnya, sebagaimana yang dikutip dalam Greater Good Magazine.

mengatakan otak kita bekerja secara kreatif ketika kita dalam kondisi sepi, sendiri, dan rileks. Nah, toliet adalah salah satu tempat ketika kita mengalami momen sepi, sendiri, rileks, dan jauh dari disraksi.

Maka sebaiknya tinggalkan HP ketika kita ingin mandi atau ingin BAB. Nikmatilah momen itu agar ide kreatif akan hinggap di otak kita. Bayangkan jika kita mandi dua kali sehari dan BAB sekali sehari, maka mungkin setiap hari setidaknya tiga ide kreatif yang akan kita dapatkan dalam sehari. Jadi, masih mau bawa HP di toilet?

Baca Juga: Terjebak Resolusi: Bersemangat, Loyo, lalu Ngoyo

31 thoughts on “Jangan Bawa HP di Toilet, Nikmati Momen Itu, dan Jadilah Kreatif

  1. Hida says:

    Awalnya saya tuh heran liat temen mau BAB kok bawa HP, pas saya tanya , dia bilang klo ga pegang HP BAB nya ga keluar wkwkwk…

    Reply
  2. Irra says:

    Bener loh, kalau gak bawa hp kita bisa melamun sambil membayangkan berbagai hal. Banyak banget ide kratif yang dateng ketika lagi di toilet. Hehe

    Reply
  3. Anggie says:

    Saya malah perlu hp saat di toilet bukan untuk scrolling sosmed, tapi untuk mencatat apa yang saat itu terlintas di pikiran 😀 karena biasanya saat keluar dari toilet, ya udah lupa lagi :))

    Reply
  4. Blogger Medan - Ririn Wandes says:

    Aku enggak pernah sekali pun bawa hp ke toilet apalagi untuk dimainkan berlama-lama. Biasanya memang lebih banyak merenung aja dan suka ketemu ide kreatif yang selama ini enggak terpikirkan olehku.

    Reply
  5. Ihwan H says:

    Iya neh daripada melamun di WC mending galih ide kreatif dalam diri kita buat konten atau apalah yang bermanfaat. Tapi saya kadang masih bawa HP kalo ke toilet biar sekalian gitu.

    Reply
  6. Umar says:

    entah kenapa sih ya di toilet itu seperti tempat bertapa mencari wangsit. Wkwkw Asal jangan lupa cebok aja

    Reply
  7. Anak Desa says:

    Aku pernah sih bawa HP waktu ke toilet. Etapi pas mainin HP, HP jatoh ke air terus kena air, terus rusak HPnya. Sekarang enggak lagi bawa hp kalo ke toilet, Melainkan dengan menghisap rokok dan entah mengapa justru seringnya ide-ide baru lahir dari kondisi dan tempat yang demikian. Kalo dipikir-pikir aneh ya?

    Reply
  8. arigetas.com says:

    Kebetulan, aku justru anomali mbak. Seringkali saat scrolling ketika di tolilet, saya bisa menemukan ide buat postingan blog hingga pernah beberapa kali isi form job justru saat di toilet. ea ea ea 😀

    Reply
  9. Hadi K says:

    Oalah pantesan aku ngerasa kreatif gitu pas lagi di wese. Kayak, misal sebelumnya pas mau ngide gak bisa dapat ide, tapi pas di toilet malah dapat. Wkekkw
    Bedanya aku kudu dan wajib bawa hape sih. Malah nih pernah jadi betah, saking lamanya di wese, kaki jadi keram. Ewkwkwkw

    Reply
  10. Annisa Tang says:

    Kalau saya pengennya cepat2 kelar saja eh .. wkwkkw. Cari inspirasinya pas tengah malam saat anak bobo. Itupun kadang susah karena kekhawatiran anak tiba-tiba bangun.

    Reply
  11. Titi Keke says:

    Ini mah bener yaa, entah kenapa di toilet seperti tempat bertapa mencari wangsit.. Asal jangan lupa aja pas udah selesai urusan hajat hehehe

    Reply
  12. Grandys Mawarni says:

    Waaa ku merasa langsung ingin tak lagi membawa henpon nih kalo pas lagi kegiatan setor, karena bagiku lumayan untuk beraktivitas d medsos sembari berada d toilet hihi. Ternyata waktunya untuk proses kreatif ya

    Reply
  13. Kokoh Hendra says:

    Ini mah gw banget, setiap ke kamar mandi pasti bawa HP karena kamar mandi merupakan kamar inspirasi bagi saya untuk menulis. Akhirnya nyokap marah-marah karena terlalu dikamar mandi.

    Reply
  14. Andayani Rhani says:

    Tulisan mbak jadi mengingatkan saya saat masih SD. dulu setiap mandi saya selalu mencari pertanyaan untuk ditanyakan kpd guru saya ketika jam pelajaran. Karena saat itu terlalu jam pelajaran panjang dan materi sering kali sudah selesai duluan. Jadi bpk/ibu guru sering memberikan kesematan murid” untuk bertanya. Saya jadi murid yg langganan bertanyaa, hal positifnya saya lebih dikenal guru dan mendapatkan cap siswa aktif di dalam kelas hehe.

    Reply
  15. Kornelius ginting says:

    Nah kalau ide itu muncul pas lagi di toilet sementara kita ga ada wadah untuk mencatatnya trus keluar toilet lupa dech… ah ini alasa klise kali ya kak… tapi memang sich baiknya kalau ke toilet ya ke toilet aja ga perlu juga bawa hape.. (kecuali perlu)

    Reply
  16. inna says:

    Aku tidak pernah dapat ide di toilet dan tidak pernah bawa HP ke toilet wwkwk, pernah ditegur karena dia cari2 aku lagi di toilet, sebegitunya gimana kalau bawa HP ga konsen aku tuh ??

    Reply
  17. haniwidiatmoko.com says:

    Seumur-umur engga pernah bawa HP, koran dll kalau ke toilet. Biasanya pagi, dari urusan toilet langsung mandi. Entah yaaa…koq engga pernah ada ide muncul pas di toilet? Apa trus ilang keguyur air mandi yah? Haha…
    Aku malah ide muncul pas di angkot dong…

    Reply
  18. Susindra says:

    Ada benarnya. Saat di toilet, menanti emas keluar, biasanya ada episode renungan atau ingatan tentang sesuatu beserta hasil observasi. Ya saat di situ itu.
    Memang eman0eman jika dipotong dengan pegang HP. APalagi medsosan. DUh, enggak deh.

    Reply
  19. Ica says:

    Orang yang bawa hp sampai ke toilet itu rasanya di dalam hp ada nyawanya kali ya, hampa hidupnya tanpa hp di genggaman hahaha
    Iyanih, ide-ide brilian sering muncul pas panggilan alam ?

    Reply
  20. BayuFitri says:

    Kalo saya sayang hp nya klo kejebur toilet ato kena air..hehe susah sih ya kalo udah kebiasaan ya..kadang sy melihat kebiasaan orang yg ga pada tempatnya tp sepanjang gak ganggu sy sec pribadi cuek aja paling sy alihkan pandangan atau menyibukkan diri.. nah klo pas antri toilet ada org yg bawa hp biasanya saya itung sampe 10 klo diem2 bae langsung tak gedor tuh pintu toilet.. biar dia tau ada orng lain yg pnya hak pake toilet hehe

    Reply
  21. NgopiSantai.com says:

    saya sendiri paling benci kalau melihat orang ke toilet sambil bawa HP karena biasanya lama, kasihan yang ngantri, walaupun itu toilet dalam rumah sendiri… ehh.. tentang inspirasi saat di atas jamban, itu memang benar sekali., seperti yang saya alami sendiri 😀

    Reply
  22. Greatnesia says:

    Mirip ketika kita sholat yak. Malah muncul ide – ide kreatif yang bertebaran di pikiran. Ups, kalau ini mungkin kitanya aja yang kurang khusyuk mungkin 🙂

    Reply
  23. Shyntako says:

    Nah ini, aku termasuk yang betah berlama-lama di toilet mba, suka sering tiba-tiba dapat ide gitu anehnya hahahaha cm ya itu keburu lupa krn g langsung ditulis

    Reply
  24. Mutia Ramadhani says:

    Hahaha. Jadi ingat cuplikan video Reino Barack di apartemen mewahnya. Pas ditanya ruang favoritnya, dia malah nunjukin toilet. Katanya toilet itu sumber inspirasi. Hihihihi.

    Reply
  25. duniamasak says:

    biasanya aku di toilet jadi brain storming sendiri dan tiba-tiba akan muncul ide yang cukup banyak untuk pekerjaanku sehingga lebih mudah dilakukan 😀

    Reply
  26. Icha Marina Elliza says:

    Mengenai kebiasaan yang satu ini, ada studi yang menyimpulkan bahwa membawa hp ke toilet adalah salah satu penyebab wasir yang di derita oleh manusia zaman now..

    Mh..

    Reply
  27. Prajna Vita says:

    Aku kira aku doang yang kayak gitu. Rasanya aneh, eh, tapi bener loh. Dan kalau udah keluar harus langsung ditulis karna kadang kalau gak ditulis bisa ilang tuh ide. Makannya penting juga punya bank ide

    Reply
  28. Nomsaa says:

    Haha pengalamanku juga nih. Pas bengong di kamar mandi tiba2 nemu ide gitu aja.

    Reply
  29. Putu Sukartini says:

    Eh bener lho ini. Moment2 menyepi sendiri itu biasanya ada aja ide yang bermunculan
    Lagian kalau bawa HP, ke toilet yang biasanya hanya sebentar bisa sampai molor karena keasyikan nyekrol medsos
    Gak cocoklah buat emak-emak kayak aku yang pagi itu udah diuber-uber waktu buat nyiapin sarapan dan bekal

    Reply
  30. fitripolii says:

    dan kebanyakan orang-orang yang sedang mencari ide atau nyusun tugas akhir, kerja pada jam tengah malam dikala sepi dan sunyi sampai azan subuh hehehe…nice artikel. sangat bermanfaat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: