7 Tips Agar Kamu Tidak Mudah Lupa dengan Apa yang Kamu Baca

By | 15 September, 2020
Septia Maqrifah

7 Tips Agar Kamu Tidak Mudah Lupa dengan Apa yang Kamu Baca

Sering baca buku tetapi sering juga lupa isinya? Lupa dengan apa yang kita baca memang sangat menyebalkan. Hari ini baca, besoknya udah lupa. Mau kasih tahu teman, tetapi lupa. Aduh, kan repot.

Lupa itu manusiawi kok, semua orang pasti pernah lupa. Faktor penyebab lupa dengan apa yang kita baca bisa banyak hal, tapi yang paling umum ada dua hal, yakni faktor suasana dan minat.

Pertama, faktor suasana.

Pernah tidak kalian membaca buku di suasana yang riuh, sesak, terlalu banyak hal yang membuat kita tidak fokus, sehingga kita lupa sudah sampai halaman berapa buku yang kita baca. Parahnya, kita bisa lupa dengan awal cerita yang sedang kita baca.

Kedua, faktor minat.

Ini sering terjadi saat kita harus mempelajari mata pelajaran yang kurang diminati, bosannya luar biasa. Kalau sudah bosan, pasti kita mudah lupa dengan apa yang sedang kita baca. Jadi sebaiknya carilah buku yang kita minati. Atau tumbuhkan minat dulu sebelum kita membaca.

buku

Sumber Foto: freepik.com

Kira-kira ada tidak ya cara agar kita tidak gampang lupa? Tenang, sobat, simak tips di bawah ini ya.

  1. Perhatikan waktu tidurmu. Salah satu cara agar tidak mudah lupa adalah dengan tidur yang cukup. Cukup tidur itu penting untuk meningkatkan daya ingat kita.
  2. Sukai apa yang ingin kamu baca. Sudah dijelaskan pada paragraf sebelum bahwa minat memengaruhi memori kita. Jika kita sudah suka, akan lebih mudah informasi itu masuk.
  3. Cari suasana yang membuat kamu merasa nyaman. Beberapa orang perlu musik untuk bisa menikmati bacaannya. Namun, ada juga yang lebih suka suasana sepi saat membaca. Kedua poin tersebut tergantung diri masing-masing orang.
  4. Jangan mudah stres. Menurut para ahli stres menjadi pengaruh seseorang mudah lupa. Jadi, hindari stres sebisa mungkin. Masalah akan tetap ada tapi bukan untuk selalu dipikir, melainkan diselesaikan.
  5. Dengarkan musik. Menurut riset mendengarkan musik sangat ampuh dan membantu kita dalam mengingat kenangan. Informasi yang kamu dapat saat mendengar lagu tertentu nantinya akan mudah untuk diingat.
  6. Olahraga otak. Buatlah tubuh dan otakmu menjadi sehat dengan melakukan beberapa latihan fisik, seperti menari, berlari, berjalan cepat dan berenang.
  7. Bersenang-senang. Jangan terlalu sibuk, sesekali kamu memerlukan hiburan. Pergilah bersama teman-temanmu, lakukan beragam aktivitas menyenangkan bersama-sama. Tertawalah bersama mereka. Nikmati hidupmu lebih sering. Tertawa bukan hanya kunci kebahagiaan, namun juga merupakan salah satu cara agar tidak mudah lupa.

Jadi jangan malas membaca buku dengan alasan mudah lupa ya!

Penulis: Septia Maqrifah
lahir di Klaten, 16 September 2005. Ia mulai tertarik dalam dunia sastra sejak kelas 6 SD dan mulai belajar serta menekuninya sejak kelas 9 SMP. Pernah ikut berpartisipasi dalam beberapa lomba sastra seperti cipta pantun dan membaca puisi tingkat kabupaten.
Akun Instagram: @tiamaqrifah

Baca Juga: Sebuah Kisah tentang Bahasa, Hati dan Perasaaan

One thought on “7 Tips Agar Kamu Tidak Mudah Lupa dengan Apa yang Kamu Baca

  1. Pingback: Aku Lahir Kembali di Setiap Satu Buku yang Selesai - LayarBaca.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.