Ada yang Aneh dengan Akun Medsosmu? Mungkin Akunmu Dibajak

Di Twitter seseorang yang bercuit tentang kejadian aneh yang baru saja menimpanya. Ponselnya entah mengapa tak bisa dia operasikan, layarnya berkedap-kedip. Lebih anehnya lagi aplikasi pesan yang biasa ia gunakan, tiba-tiba saja mengirimkan gambar-gambar yang tidak jelas juga dibubuhi kata-kata yang seakan meneror. Ia tak tahu apa yang terjadi dengan ponselnya. Tidak, ini bukan penggalan kisah di sebuah film bergenre horor, ini merupakan kejadian nyata seorang pengguna media sosial. Ternyata, akun media sosialnya telah disadap oleh seseorang. Ia berasumsi hal ini terjadi karena salah satu aplikasi rapat yang ia gunakan untuk kuliah.

aku sosial media dibajak
Sumber Foto: iconsteam.com

Berkaitan dengan cuitan tersebut, seorang programmer bernama Gilang Mentari Harmidy mencoba menjelaskan secara tuntas dan lugas bahwa hal tersebut bisa terjadi karena keteledoran si penggunanya itu sendiri. Ia mungkin pernah mengunduh aplikasi di situs-situs yang tak resmi misalnya. Oleh karena itu, memang sebaiknya untuk mengunduh aplikasi bisa melalui App Store atau Play store yang sudah teruji keamanannya. Jika kita mencoba mengunduh di luar kedua layanan tadi, aplikasi yang kita unduh bisa saja membawa virus dan berakibat terjadinya phishing. Salah satu temanku pernah berbagi pengalaman ketika data-data di laptopnya diambil oleh peretas. Si penyadap memberikan notifikasi untuk membayar sejumlah uang (dalam bentuk bitcoin) agar data-datanya bisa kembali. Dia mengakui, perilakunya dulu yang jorok dalam berinternet mengakibatkan dia jadi salah satu korban kejahatan di dunia maya. Selain itu, teman dekatku juga pernah mengalami peretasan di media sosial. Ia tak bisa membuka salah satu akun media sosialnya karena dibajak oleh seseorang.

Berikut tips dari seorang programmer agar kita terhindar dari peretasan di media sosial:

  1. Gunakan fitur ‘lupa sandi’ terus ganti kata sandinya.
  2. Setelah masuk kembali, tekan pengaturan keamanan, lalu hapuslah ‘login dari perangkat yang mencurigakan’.
  3. Jangan lupa, setiap akun media sosial yang kita punya selalu hidupkan fitur 2FA (2 Factor Authentication). Agar setiap hendak masuk, kita harus memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS. Ini wajib dilakukan, jika tidak, kata sandi yang lemah bisa terdeteksi begitu saja menggunakan metode bruteforce, yang membuat peretas bisa mengaambil alih semuanya. Jika 2FA hidup, ada dua lapis keamanan.

Sedikit tips di atas semoga bisa membantu teman-teman sekalian agar tidak menjadi korban peretasan di dunia maya.

Penulis : Qintannajmia Elvinaro
Lahir di Bandung, tahun 2000. Menetap di Cimanggung, Kab. Sumedang. Kini sedang menempuh pendidikan di program studi Sosiologi Di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Bisa kunjungi karya Qintan di qintannajmia.blogspot.com
Akun Instagram :  @Qintannajmia

Baca Juga: Jadilah Cantik dengan Standar Cantikmu Sendiri

1 thought on “Ada yang Aneh dengan Akun Medsosmu? Mungkin Akunmu Dibajak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: