Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Pernahkah kalian dimarahi orangtua karena masalah handphone (HP)? Mungkin pernah bahkan sering. Di saat pandemi seperti ini, sekolah ditutup dan kita diharuskan untuk belajar di rumah. Lalu apakah kamu benar-benar belajar?

Kemendikbud telah memberikan kuota gratis selama sebulan penuh dan kita sepantasnya memanfaatkannya dengan baik. Dengan keadaan yang tidak bisa dihindari, kita harus mengikuti protokol kesehatan untuk tetap berada di rumah, tapi tetap harus belajar.

Ketika tugas-tugas sekolah yang diberikan secara online (daring), ulangan daring, praktik daring, dan semua serba daring, coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu menyelesaikannya tepat waktu? Mungkin akan ada yang menjawab iya, tapi mungkin tak sedikit yang menjawab tidak, mungkin juga ada yang ragu menjawab. Kenapa kita tidak bisa menyelesaikan semua tepat waktu? Karena tidak ada pantauan secara langsung oleh guru dan kuota yang diberikan oleh Kemendikbud bisa digunakan untuk hal lain yang tidak berkaitan dengan belajar.

pembelajaran jarak jauh
Sumber Foto: dw.com

Guru saya bercerita, ada murid yang meminta izin tidak mengikuti pelajaran dengan alasan membantu orangtuanya di rumah, padahal sebenarnya, dia sama sekali tidak melakukannya. Ibunya tidak dibantu dan dia juga tidak mengikuti pelajaran. Lalu apa yang dia lakukan? Ya, anak laki-laki pasti mengetahuinya. Dia asyik bermain game (gim) di kamarnya dengan alasan belajar. Sebelum mengunci kamar dia mengatakan pada Ibunya untuk tidak menganggunya karena akan belajar daring.

Bukan hanya satu kali melainkan berkali-kali. Hingga pada suatu hari ada guru yang mengabari orangtua murid tersebut untuk meminta kejelasan. Sontak orangtua murid itu kaget mendengar cerita sang guru. Orangtua itu juga mengatakan bahwa selama ini anaknya di kamar untuk belajar dan tidak ingin diganggu. Itulah sebabnya sang ibu tidak bisa memantau anaknya.

Setelah mendapat kabar seperti itu, sang ibu dengan geram memarahi anaknya. Jelas saja, dia diberi waktu untuk belajar tapi tidak dimanfaatkan dengan baik, ditambah lagi membantu orangtuanya dijadikan alasan kemalasannya untuk belajar.

Seharusnya kita menyadari bahwa kondisi seperti ini jangan dipergunakan untuk hal yang kurang bermanfaat. Kewajiban seorang siswa adalah belajar, jadi kita harus melaksanakan kewajibannya. Jika sudah terlaksanakan kita boleh melakukan hal-hal yang kita sukai atau bermain apa pun.

Untuk bisa memanfaatkan waktu dengan baik selama pembelajaran daring serta memanfaatkan HP dengan benar, ini hal-hal yang perlu dilakukan:

  1. Membuat jadwal belajar dan bermain. Dengan adanya jadwal tersebut, target yang akan kita kejar akan jelas.
  2. Memberitahukan kepada orangtua bahwa kita akan belajar di kamar ataupun di tempat lain untuk mendapatkan sinyal dan kenyamanan. Pentingkah? Jelas penting, jika kita memberitahukan mereka maka orangtua akan lebih mudah memantaunya.
  3. Tidak berbohong pada orangtua. Ketika kita mendapat kepercayaan dari orangtua untuk pergi ke suatu tempat, yang akan menjadi lokasi kita belajar, maka manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya, dan jangan berbohong.
  4. Reward. Kita bisa saja memberikan reward sederhana untuk diri kita sendiri agar semangat belajar kita bisa meningkat. Reward dapat berupa bermain game ataupun tidur.
  5. Jangan mengeluh. Kendala yang kerap terjadi sekarang ini adalah masalah sinyal, yang pada dasarnya memperhambat pembelajaran. Tapi tidak bijak jika kita menyalahkan sekolah dan keadaan. Kenapa? Karena semua ini tidak bisa kita hindari. Guru pun sebenarnya enggan dengan pembelajaran jarak jauh, tapi kondisi memaksa kita untuk melakukannya. Mengeluh dan menyalahkan keadaan hanya akan membuat kita menjadi malas melakukan pembelajaran daring.

Penulis: Putri Nurul Aliyah
lahir pada tanggal 29  Oktober 2002 di Kebumen, Jawa Tengah. Duduk dibangku kelas 12 di SMA Negeri 1 Rowokele. Setiap hari selalu meluangkan waktu 15 menit untuk membaca. Dalam hidup selalu punya kesempatan, jangan sia-siakan kesempatan untuk hal yang tidak berguna.
Akun Instagram: @nrl_aly088

Baca juga: Pengalaman Belajar Daringku Di Masa Pandemi

1 thought on “Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: