Tips Agar Tulisanmu di Platform Literasi Diminati Pembaca

Di era kemajuan teknologi sekarang ini ada begitu banyak dampak baik yang kita terima. Salah satunya, segala aktivitas kita di media sosial bisa menjadi sorotan oleh semua orang, itu sebabnya ada baiknya jika kita mulai menyaring kegiatan atau aktivitas apa saja yang layak kita tampilkan di media sosial, jangan asal nanti bisa bermasalah. Pastinya dengan kegiatan yang bermanfaat ya, bisa dengan menampilkan karya desain kamu, cover lagu, tarian bahkan tulisan.

Nah mari kita bahas perihal literasi di era digital. Saat ini ada banyak penulis penulis hebat yang lahir dari mana saja, baik dari komunitas, aplikasi baca seperti Wattpad, Storial.co, Innovel, Web novel, Google Playbook, dan lain-lain. Tentunya ini menjadi keuntungan bagi kita yang begitu menyukai dunia kepenulisan. Kita bisa mulai memposting tulisan kita di platform yang ada, selain bisa jadi media untuk berkarya, menulis juga bisa jadi media untuk menghasilkan uang loh.

platform literasi
Sumber Foto: kaskus.co.id

Abang Boy Candra, salah satu penulis Indonesia pernah berkata, “menulis adalah investasi jangka panjang yang paling memuaskan”. Dari kutipan itu Abang Boy mengaku bahwa menulis bisa menjadi sumber penghasilannya apalagi kalau sudah dilirik sutradara untuk dijadikan film, wah makin terkenal pastinya karyanya.

Sebagian dari teman-teman sendiri mungkin ada yang takut menulis karena beberapa alasan seperti merasa tidak PD (percaya diri) dengan tulisannya, takut dikritik, takut tidak ada yang berminat dan lain sebagainya.

Namun tenang saja, buku itu selalu punya pembacanya masing-masing, akan ada yang baca dan apresiasi karya kamu. Percaya deh. Di sini, aku mau berbagi tips yang bisa kamu lakukan agar karya kamu di platform literasi banyak dibaca oleh orang lain.

1. Sering-sering promosikan ceritamu

Kalau kamu mau punya pembaca, kamu harus rajin promosikan karya kamu baik di media sosial maupun ke teman-teman secara langsung. Kalau dipromosikan percuma, tidak akan banyak orang yang tahu kalau kamu punya karya. Makanya jangan ragu, jangan takut, coba saja dulu.

2. Rajin update cerita

Nah kebanyakan pembaca itu mudah penasaran. Itu sebabnya kamu harus rajin update cerita, supaya pembaca kamu tidak kabur karena bosan menunggu kelanjutan cerita yang kamu tulis.

3. Pastikan cerita kamu beda dari yang lain

Kebanyakan pembaca mungkin muak dengan cerita dengan tema itu-itu saja, misalnya seorang gadis cupu yang jatuh cinta pada laki laki ganteng. Saat ini, cerita dengan tema seperti itu pasti selalu ditemukan di platform mana saja sehingga bagi para sebagian pembaca cerita tersebut terkesan “sudah biasa” dan membuat bosan. Kita bisa mulai membuat cerita baru dengan ide yang beda dari yang lain, sekaligus buat penasaran. Tidak mudah pasti, tapi bisa kok kalau kita coba dengan mencari inspirasi yang lebih segar. Inspirasi bisa kamu dapatkan di lingkungan rumah ataupun dari bacaan kita serta tontonan sehari-hari. Ingat, inspirasi mudah ditemukan tapi yang paling penting bagaimana cara kita menuangkannya ke dalam karya sehingga menjadi karya yang luar biasa.

4. Buatlah cover (sampul) cerita yang menarik

Ada tipe pembaca yang tertarik membaca suatu buku cover (sampul) ceritanya menarik. Cover (sampul) cerita bisa salah satu hal yang menjadi daya tarik bagi pembaca, jadi buatlah cover (sampul) yang menarik. Tapi ingat, harus selaras dengan isi ceritanya ya.

Nah itu beberapa tips yang pelu kamu coba untuk menambah jumlah pembaca cerita kamu di platform literasi.

Jadi ayo berkarya, mari jadi agen perubahan, bukan agen rebahan. Karena negara kita butuh generasi literasi yang peduli dan mau berkarya untuk memajukan dunia literasi.

Penulis: Nurul Huda Akmal
Lahir di Medan, 21 Maret 2000. Menyukai dunia kepenulisan sejak kelas 4 SD dan
sekarang sedang menempuh pendidikan vokasi (D3) Politeknik Negeri Medan dengan mengambil
jurusan Administrasi Bisnis. Tulisannya sudah di publikasi di akun menulis seperti wattpad dan mengikuti
beberapa lomba di bidang kepenulisan.
Akun Instagram: @nurul_hudaakmal

Baca juga: Membaca Membuatku Berkeliling ke Mana pun Aku Mau

1 thought on “Tips Agar Tulisanmu di Platform Literasi Diminati Pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: