Mencegat Ide Yang Muncul Biar Enggak Kelewat

Ke manapun aku pergi, ada saja ide yang muncul tanpa aku hindari. Merogoh handphone (HP) dengan cepat untuk kucatat agar tidak menghilang begitu saja. Beberapa pasang mata tertuju padaku karena kecepatan mengetik dan keseriusanku di hadapan HP.

“Serius amat,” ucap salah satu teman dengan mengintip catatanku.

“Sebentar ya, ada ide lewat jadi aku cegat dulu biar nggak kelewat,” jawabku dengan melanjutkan menulis ide yang ada di kepala.

“Kelewat? emang kamunya yang pelupa,” sahutnya dengan menetertawakanku.

“Hmm, aku memang pelupa makanya aku mencatatnya.”

Mereka terdiam dan menungguku selesai mencatatnya. Dengan heran mereka pun bertanya.

“Kenapa suka menulis?” tanya Mei penasaran.

“Karena dengan menulis aku jadi mengerti, membaca saja tidak cukup bagiku. Setelah membaca aku akan menulisnya untuk tahu seberapa paham diriku tentang bacaannya, itu kalau buku pelajaran.”

“Jawabannya tidak menjawab pertanyaanku,” gumamnya.

“Gimana-gimana?”

“Kenapa suka buat cerita?”

ide
Sumber Foto: newstime.com

“Ouh itu, karena aku ingin membuat alur sendiri sesuai imajinasiku. Kadang tuh suka sebal sama cerita orang lain yang beda sama ekspektasiku. Terus ada yang nggak nyambung jadi makin sebel. Ya udah deh, aku buat cerita. Aku awalnya juga nggak kepikiran buat cerita, disaranin deh sama Risa karena dia kan nulis di Wattpad terus pembacanya udah banyak, katanya dapat menghasilkan juga. Aku pikir-pikir lagi, terus mulai membaca cerita orang lain. Ehh ceritanya bikin sebel, ya gitu deh akhirnya aku terjun langsung, menulis sendiri,” jelasku.

“Ouh gitu toh, kamu nulis di Wattpad juga?” tanya teman lainnya.

“Iyaap.”

“Pernah nggak kehabisan ide?”

“Pernah sih, makanya sekarang aku selalu mencatat ide yang lewat di kepalaku biar nggak lupa. Sayang loh kalau idenya hilang.”

“Berhenti nulis pernah? Maksudnya kayak males gitu?”

“Malas itu pasti ada dan aku kalau males nggak lanjut nulis, soalnya percuma nanti malah nggak nyambung sama cerita sebelumnya atau bisa jadi cerita yang aku buat itu garing banget. Makanya aku gunain waktu buat istirahat dulu sebentar.”

“Punya niatan diterbitkan nggak?”

“Haha pertanyaan macam apa itu? Pasti pengin banget, tapi aku pertimbangin lagi. Aku sekarang mau fokus ke ceritaku dulu dan mengumpulkan pembaca juga, soalnya menurutku percuma kalau diterbitin tapi nggak tahu ceritanya harus digimanain. Maksudnya mau mengenal ceritaku dulu, aku juga lagi memperbaiki tulisanku biar lebih baik lagi.”

“Wahh mantap sekali kawanku ini, semangat ya.” Mei memberikan semangat untukku.

“Masih belajar dan tetap ingin belajar.”

“Ada nggak tips biar dibaca banyak orang di Wattpad?”

“Jelas ada.”

“Apa-apa? Aku pengin tahu,” sahut Mei penasaran.

“Jadi yang pertama itu kita buat cerita yang menarik, prolog atau awalannya yang nendang biar pembaca langsung waw gitu dan mau lanjutin ceritanya. Kedua, buat judul yang menarik. Ternyata judul juga mempengaruhi keinginan untuk membaca, orang akan penasaran melalui judulnya. Ketiga kita harus konsisten menulis, jangan cuma kalau lagi mood doang karena itu ngaruh banget sama pembaca.”

“Ada lagi kah?” Mei memiringkang kepalanya.

“Ada sih, tapi itu poin utama yang harus kamu ketahui kalau ingin menulis cerita.”

“Sangat membantu, aku bersyukur punya temen kayak kamu. Makasih ya, aku akan mencoba menulisnya juga.”

“Oke sama-sama, semangat ya Mei.”

Saat itu Mei mulai melakukan apa yang aku katakan, walau sebenarnya aku juga masih belajar setidaknya itu dapat membantunya dan bermanfaat bagi orang lain.

Mulailah menulis maka kamu akan menemukan dunia baru di setiap kalimatnya.

Penulis: Putri Nurul Aliyah
lahir pada tanggal 29  Oktober 2002 di Kebumen, Jawa Tengah. Duduk dibangku kelas 12 di SMA Negeri 1 Rowokele. Setiap hari selalu meluangkan waktu 15 menit untuk membaca. Dalam hidup selalu punya kesempatan, jangan sia-siakan kesempatan untuk hal yang tidak berguna.
Akun Instagram: @nrl_aly088

Baca juga: Curahan Hati Seorang Penulis

1 thought on “Mencegat Ide Yang Muncul Biar Enggak Kelewat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: