Rekrutmen Pelayarbaca: Salam Kenal Dari Layar Baca

Apa itu LayarBaca?

LayarBaca adalah tempat untuk belajar bersama dan saling belajar. Di LayarBaca semua orang setara, tak ada yang lebih pandai dari yang lain atau kurang pandai, karena LayarBaca menyadari bahwa setiap orang punya pengetahuan, cerita, dan pengalaman yang unik untuk dibagi.

Di LayarBaca kita akan sama-sama belajar untuk mengemukakan pendapat, berbagi cerita, memberi solusi, secara lisan dan tulisan, dengan leluasa, tanpa takut untuk dinilai. Kamu juga bisa memberi saran kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan visi LayarBaca.

komunitas layar baca
Sumber Foto: kqed.org

Visi LayarBaca

Lalu apa visi LayarBaca? Visi LayarBaca adalah “cerdas di dunia maya, bijak di dunia nyata, dan bangga berbahasa Indonesia”.

“Layar” identik dengan dunia maya. Interaksi kita melalui teknologi digital kita lakukan dengan cara memandang layar. Teknologi digital selayaknya dapat memberi manfaat untuk kita sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Namun jika kita tidak bijak menggunakannya, maka kita hanya akan memnjadi pecandu layar, yang waktunya terbuang sia-sia.

Sementara “Baca” adalah aktivitas membaca. Kami yakin pengetahuan, dan pikiran kritis serta cerdas dimulai dari kebiasaan membaca. Orang-orang hebat dan sukses selalu punya satu hobi yang sama, yakni membaca. LayarBaca meyakini, membaca adalah langkah awal untuk menjadi cerdas.

LayarBaca menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda dari berbagai daerah. Untuk saat ini anggota LayarBaca berasal dari Jakara, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Bali, dan Bangka Belitung. Dengan demikian bahasa Indonesialah yang untuk menyatukan perbedaan kami dan memudahkan kami dalam berkomunikasi. Untuk itulah kami bangga berbahasa Indonesia.

Jika propinsi tempat asal kamu belum disebutkan di daftar di atas, jadilah orang pertama dari propinsi kamu yang bergabung dengan Pelayarbaca.

Komunitas layarbaca
Sumber Foto: i4cp.com

Kegiatan-kegiatan LayarBaca

Apa saja kegiatan LayarBaca

Pelayarbaca memiliki grup Whatsapp (WA) yang hanya dibuka satu jam setiap malam, dan empat hari dalam seminggu. Kenapa demikian? Tak seperti grup-grup WA lain yang hanya dibuka selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, 30 hari dalam sebulan, dan 365 hari dalam setahun, kegiatan di WA PelayarBaca memang dibatasi waktu. Hal ini sesuai dengan visi LayarBaca, yakni “bijak di dunia maya”. “Bijak di dunia maya” termasuk juga bagaimana kita dapat mengatur diri kita untuk tidak membuang waktu terlalu banyak di dunia maya, karena banyak pekerjaan dunia maya yang perlu kita lakukan.

Namun demikian, ada kegiatan-kegiatan LayarBaca yang terbuka untuk umum, yang dilaksanakan di luar grup WA, seperti di IG, dan Zoom Meeting.

Berikut kegiatan-kegiatan Layarbaca:

  • Kegiatan di grup Whatsapp (WA) PelayarBaca

Senin – Selasa: Grup ditutup. Hari senin dan selasa adalah hari yang biasanya sibuk, untuk itu kami meliburkan grup.

Rabu – Kamis: Obrolan santai. Ini adalah obrolan dengan tema bebas, semua orang bisa berbagi dan bertanya tentang apa pun. Bisa juga berbagi tautan IG, blog, wattpad, dan lain-lain untuk disukai, atau untuk dibaca oleh anggota lain

Jumat: Bebas. Program ini adalah kegiatan yang akan mendorong Pelayarbaca untuk memberi pendapat, cerita, solusi. Akan satu masalah yang dilemparkan oleh admin dan semua orang bisa berpendapat.

Sabtu: Grup ditutup, karena ada kegiatan Baca Buku Bareng di Zoom Meeting

Minggu: Kreatif. Program ini berisi kegiatan menulis cerpen keroyokan, berbalas pantun, kata berkait, dan sambung kata, sambung rasa.

  • Kegiatan di Instagram

Tantangan Unjuk Karya. Tantangan ini diadakan setiap bulan. Kalian akan ditantang untuk membuat karya (foto, video singkat, atau caption). Pada akhir tantangan akan dipilih satu orang peserta terbaik, yang akan diberi sertifikat penghargaan dan hadiah buku lungsuran dari LayarBaca. Semua yang menyelesaikan tantangan akan mendapatkan sertifikat pastisipasi. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis.

  • Kegiatan di Zoom

Baca Buku Bareng. Program ini diadakan setiap Sabtu malam. Di sini kita diberi kesempatan untuk membaca buku selama 5 menit, kemudian diberi kesempatan kembali untuk berbagi cerita tentang buku yang dibacanya. Pendapat dapat berupa pemaparan apa yang dibacanya, bisa juga pendapat kalian tentang penulisnya, atau apa yang dirasakan dan dipikirkan selama proses membaca. Semua bebas berpendapat. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis.

  • Kelas LayarBaca

LayarBaca sudah pernah mengadakan kelas Bengkel Penulisan Artikel populer yang melahirkan 1 buku antologi “Pedang Bermata Dua Itu Bernama Media Sosial”. Selain itu LayarBaca juga sudah melaksanakan Kelas Menulis Cerpen Tembus Media Nasional. Akan ada kelas-kelas LayarBaca yang lain. Kelas LayarBaca terbuka untuk umum dan berbayar, tapi ada potongan harga untuk Pelayarbaca.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas LayarBaca

Apa manfaat menjadi PeLayarBaca?

Berikut manfaat-manfaatnya:

  1. Punya teman dari berbagai provinsi di Indonesia
  2. Mendapatkan potongan harga untuk setiap kelas LayarBaca
  3. Mengikuti kegiatan-kegiatan yang menantang, yang membuat kamu bijak dan cerdas
  4. Tidak ada senioritas, sehingga kamu bebas berekspresi dan menyatakan pendapat
  5. Melatih keberanian berpendapat secara lisan dan tulisan
  6. Melatih diri untuk saling menghargai dan mendengarkan
Apa syarat menjadi pelayarbaca?
  1. Ikuti IG LayarBaca101
  2. Usia 15-25 tahun
  3. Mengisi formulir rekrutmen anggota komunitas layarbaca
  4. Berkomitmen untuk aktif
  5. Gratis

Batas pendaftaran 14 November 2020 pukul 12.00 WIB

1 thought on “Rekrutmen Pelayarbaca: Salam Kenal Dari Layar Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: