Merayakan Hari Guru Nasional: 9 Kanal Youtube Ini Bisa Kamu Jadikan Guru Digital

belajar, guru digital, mencatat
Belajar Dulu Dari Guru Digital di Youtube. (Sumber: Unsplash oleh Tought Catalog)

Sejak Pandemi Covid-19 melanda, banyak hal yang berubah termasuk salah satunya adalah dunia pendidikan. Sekolah, Universitas, tempat les atau kursus banyak yang ditutup selama berbulan-bulan lamanya, sehingga belajar melalui jarak jauh menjadi salah satu solusinya.

Kini, mencari guru tidak hanya di kelas saja, kita bisa belajar dari mana saja termasuk di Youtube. Guru Digital adalah istilah guru yang menggunakan teknologi untuk menyebarkan ilmunya. Dalam rangka Hari Guru Nasional yang dirayakan setiap tanggal 25 November, Tim Layar Baca menuliskan guru-guru digital mereka di Youtube, siapa tahu bisa jadi referensi menonton kalian kala berselancar di Youtube.

  1. Kanal Tekotok

kanal youtube, tekotok, referensi, youtube
Tampilan Kanal Youtube Tekotok. (dok. pribadi)

Tekotok merupakan sebuah kanal berisi video pendek animasi komedi yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, seperti pengetahuan, sindiran, kritikan, serta keresahan hidup banyak orang. Aku menemukan kanal ini pada awal tahun 2022 dan menjadi salah satu kanal favorit. Hingga tulisan ini dibuat, kanal ini telah memperoleh sebanyak 2,36 juta subscribers dan 722 video telah di upload.

Alasan Tekotok telah menjadi salah satu guru digitalku adalah aku banyak belajar tentang apa yang sedang terjadi dan keresahan apa yang sedang dialami di dalam masyarakat kita dari kanal ini. Selain menghibur, video Tekotok juga memberi pesan moral yang tersirat kepada penontonnya. – Ima (Tim Medsos Layar Baca)

  1. Satu Persen

satu persen, kanal youtube, youtube, guru digital
Tampilan Kanal Youtube Satu Persen. (Dok. Pribadi)

Satu persen adalah salah satu kanal Youtube yang banyak mengajarkan tentang pelajaran hidup yang, kadang, tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Dibuat tahun 2019, Satu Persen pernah dinobatkan sebagai kanal Youtube dengan perkembangan tercepat di dunia pada bulan November 2019 versi Nox Influencer. Masyarakat menyukai konten-konten yang disajikan kanal ini karena sangat berkualitas dan mudah di mengerti.

Banyak sekali yang dapat dipelajari dari kanal Youtube ini, salah satunya adalah mengenai pemahaman diri. Saat ini, konten-konten mengenai hal tersebut sangat banyak dicari oleh orang-orang yang sedang berproses untuk memahami dirinya. Bagi yang sering merasa insecure, overthinking hingga krisis identitas diri sangat cocok untuk kepoi kanal Youtube ini. Oleh karena itu kanal ini menjadi favorit saya. – Ade (Tim Website Layar Baca)

  1. Scary Mysteries

Scary Mysteries, kanal youtube, guru digital, youtube
Tampilan Kanal Youtube Scary Mysteries. (Dok. Pribadi)

Bagi penyuka kisah misteri atau kriminal, bisa kunjungi Kanal Youtube bernama Scary Mysteries. Kanal ini fokus membahas fenomena aneh yang terjadi di dunia, kisah misteri, fenomena alien, sampai kisah gelap seperti kasus kriminal. Sejak muncul tahun 2016, Scary Misteries memiliki jumlah subscribers sebanyak 747.000. Yang membuat kanal ini menarik adalah penjabaran yang lebih dalam ketika membahas sesuatu.

Kanal ini menjadi guru digital saya sejak tahun 2016, karena menambah pengetahuan sejarah, melatih rasa skeptis, dan melatih kemampuan Bahasa Inggris saya. Selain itu, Scary Mysteries menginspirasi saya untuk membuat cerita thriller atau horor, bonusnya adalah saya menjadi memahami kenapa dan alasan sebuah kejahatan terjadi.  – Renny DJ (Tim Website Layar Baca)

  1. Si Kutu Buku

Si Kutu Buku, guru digital, kanal youtube
Tampilan Kanal Youtube Si Kutu Buku. (Dok. Pribadi)

Pernah denger sih, katanya 5 tahun yang akan datang , kita bergantung sama buku apa yang kita baca, dengan siapa kita bergaul, makanan apa yang kita konsumsi, dan kebiasaan apa yang dilakukan. Tapi kalau jaman now sih ada satu lagi, akun apa yang kita ikuti atau subscribe, hehe. Oke, jadi di sini aku mau sedikit berbagi mengenai salah satu kanal Youtube yang aku ikuti dan sudah seperti guru kedua bagiku. Namanya, Si Kutu Buku!.

Kanal ini berisi ulasan-ulasan buku-buku keren dibungkus dengan ilustrasi yang simpel tapi kece. Kanal ini juga membahas kisah-kisah orang sukses atau fenomena terkini. Salah satu video favoritku adalah konten mengenai sejarah Aplikasi Canva. Keren banget loh! Buat kalian yang butuh asupan motivasi dan literasi cocok banget buat ikutin kanal yang satu ini. Skuy meluncur ke kanal Si Kutu Buku! – Qintannajmia Elvinaro (Tim Medsos Layar Baca)

  1. Eizelgänger

Einzelganger. kanal youtube, youtube, guru digital
Tampilan Kanal Youtube Einzelganger. (Dok. Pribadi)

Einzelgänger adalah kanal Youtube yang berbasis di Belanda. Dalam bahasa Belanda,  Einzelgänger berarti seorang penyendiri. Topik-topik yang dibahas dalam kanal ini sebagian besar tentang psikologi dan filsafat dengan narasi yang inspiratif. Bagi saya kanal ini adalah guru digital karena menyuguhkan memberikan alternatif penyelesaian masalah-masalah manusia modern, seperti kesepian, keresahan akan masa depan, kehilangan orang terkasih, kecemasan, dan sebagainya.

Einzelgänger memberikan wawasan pendapat filsafat, psikologi yang sudah dikemukakan berabad lalu sebenarnya sangat relevan dengan masalah-masalah manusia di era digital. Mendengar/menonton kanal Youtube ini serasa mendengar nasihat dari seorang guru spiritual. – Nur Husna Annisa (Tim Website Layar baca)

  1. Nihongo Mantappu

nihongo mantappu, guru digital, kanal youtube, youtube
Tampilan Kanal Youtube Nihongo Mantappu. (Dok. Pribadi)

Kanal Youtube Nihongo Mantappu menjadi salah satu kanal favoritku. Dimiliki oleh seorang influencer bernama Jerome Polin, yang beberapa bulan lalu telah menyelesaikan pendidikan S1 di Waseda University dengan jurusan matematika terapan. Kanal ini membagikan konten-konten tentang kehidupannya sehari-hari, budaya negara Jepang, matematika, vlog dan konten-konten menarik lainnya.

Semenjak kenal kanal Nihongo Mantappu pada tahun 2020, banyak hal yang aku dapat selama menonton dari kanal Youtube ini, karena selain mengedukasi, Jerome juga menyelipkan sebuah quotes dalam video yang ia unggah yang bisa  memotivasi para penonton. Tak hanya itu, konten-kontennya menghibur yang dapat membangkitkan mood supaya semangat lagi. Karena itulah aku menjadikan channel Youtube Nihongo Mantappu ini sebagai salah satu guru online aku. – Widya Sari Paelongan (Tim Medsos Layar Baca)

  1. Ardhianzy

Ardhianzy, kanal youtube, guru digital
Tampilan Kanal Youtube Ardhianzy. (Dok. Pribadi)

Kanal Ardhianzy adalah karya anak dalam negeri yang berfokus membahas analisis cara berpikir karakter, filosofi, psikologi, pengembangan diri. Mulai dari filosofi dan psikologi dalam karakter fiksi dan ilmu pengetahuan itu sendiri.

Kanal ini menjadi guru digital bagi saya sebab pada playlist Character Breakdown yang membahas filosofi dan psikologi karakter fiksi telah membantu saya memahami karakter manusia lebih dalam. Mengetahui sudut pandang yang tidak pernah diketahui sebelumnya dengan cara yang lebih luas dan menyentuh. Mendalami dan memahami ini membantu saya untuk mengerti orang-orang di sekitar saya di kehidupan nyata. – Nina Refyanti (Tim Website Layar Baca)

  1. Korea Reomit

Korea Reomit, kanal youtube, guru digital
Tampilan Kanal Youtube Korea Reomit. (Dok. Pribadi)

Korea Reomit adalah kanal Youtube yang dibuat oleh laki-laki berkebangsaan Korea Selatan, yakni Jang Han-Sol. Target pasar dari kanalnya adalah masyarakat Indonesia. Sebabnya adalah Ia sudah menetap cukup lama di Malang dan menjadi sangat fasih dalam berbahasa Indonesia, terutama bahasa Jawa. Bahkan, aksen yang ia keluarkan saat ini lebih terdengar seperti Warga Negara Indonesia ketimbang Korea Selatan. Dari sanalah ia mendapat julukan “Youtuber medhok asal Korea”.

Kanal ini sangat diminati di Indonesia, karena membahas berbagai pesona dan fenomena aktual yang terjadi di negara ginseng.  Kanal ini hadir sebagai media hiburan sekaligus media edukasi. Bagi saya pribadi, kanal Youtube ini terasa seperti guru yang mengarahkan ketika saya tidak tahu kebenaran, namun bisa juga berperan sebagai teman yang menemani di kala bosan. – R. Eriska A. S. (Tim Website Layar Baca)

  1. Narasi

narasi, kanal youtube, guru digital
Tampilan Kanal Youtube Narasi. (Dok. Pribadi)

Siapa yang tidak kenal dengan Narasi? Narasi ialah perusahaan rintisan yang didirikan oleh jurnalis terkenal, Najwa Shihab, tahun 2018 lalu. Narasi telah aktif memproduksi konten positif di berbagai media sosialnya, termasuk melalui Youtube. Di kanal Youtube Narasi, kita bisa menjumpai banyak sekali video-video keren yang dikemas melalui berbagai progam atau playlist.

Salah satu program yang menarik perhatian, menginspirasi sekaligus menjadi alasan kanal ini layak dipilih sebagai guru digital adalah Tes Wawasan Kebangsaan.

Gameshow yang baru saja selesai di season 2-nya pada Minggu, 20 November 2022 ini sarat akan pengetahuan. Acara ini dikemas layaknya lomba cerdas cermat dengan pertanyaan seputar Indonesia. Uniknya, serangkaian peraturan permainan berkaitan dengan membaca peta buta. Menikmati keseruan permainan, ketegangan suasana, sekaligus menambah wawasan. – Septia Maqfirah (Tim Medsos Layar Baca)

Baca Juga:

6 Karier Pilihan untuk Kamu yang Ingin Jadi Penulis

 

Sumber:

  • https://www.antaranews.com/berita/1742405/menparekraf-apresiasi-program-guru-digital
  • https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221121175450-569-876643/sejarah-hari-guru-nasional-25-november-berawal-penghormatan-pada-pgri

 

 

1 thought on “Merayakan Hari Guru Nasional: 9 Kanal Youtube Ini Bisa Kamu Jadikan Guru Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: