Alternative Universe (AU) genre Fan-fiction yang Banyak Diminati Saat Ini

Pernahkah kamu membaca sebuah cerita yang menceritakan seorang tokoh yang sosoknya memang ada di dunia nyata? Misalnya cerita seorang tokoh idola yang banyak di gemari oleh kalangan remaja dan dijadikan sebuah cerita dalam bentuk buku fisik maupun digital. Saat ini cerita-cerita tersebut tentunya sangat banyak jumlahnya dan dapat kita jumpai di mana saja.

Nah, cerita-cerita hasil imajinasi seorang tokoh idola tersebut biasa disebut dengan cerita fan-fiction. Apa sih cerita fan-fiction itu?

Cerita Fan-fiction atau Fiksi Penggemar

Secara bahasa, fan-fiction atau fiksi penggemar berasal dari dua kata yaitu fan dan fiction yang dapat diartikan sebagai karya fiksi dari hasil imajinasi kreatif seorang penggemar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cerita fan-fiction (fanfic) atau fiksi penggemar adalah tulisan hasil imajinasi dari seorang penggemar yang menyertakan orang-orang yang diidolakannya dalam tulisannya tersebut. Biasanya tulisan-tulisan tersebut dibuat berdasarkan kisah, karakter, ataupun latar yang sudah ada di dunia nyata. Namun plot atau jalan cerita disesuaikan dengan imajinasi dari penulisnya.

ilustrasi sedang membaca buku sumber: pexels.com

Cerita fanfiction saat ini menjadi salah satu jenis cerita yang paling banyak diminati. Terutama cerita yang menampilkan sosok idola yang saat ini sedang hits atau naik daun. Seorang penggemar akan memanfaatkan hal tersebut dengan membuat cerita imajinasi mengenai idolanya tersebut. Baik tujuannya untuk menumpahkan segala perasaannya terhadap idolanya tersebut dalam bentuk tulisan ataupun tujuan lainnya.

Namun saat ini tulisan-tulisan fan-fiction tersebut banyak yang mengalami kendala pelanggaran hak cipta. Seperti yang pernah ramai diperbincangkan di media sosial baru-baru ini yaitu penulis mencantumkan nama asli dalam tulisannya saat karyanya tersebut sudah dipublikasikan lebih luas dalam hal ini berbentuk buku bahkan sampai film. Hingga satu hal yang perlu diingat oleh para penulis cerita fanfiction ini bahwa ada batasan-batasan tertentu yang bisa atau tidak bisa kamu gunakan dalam tulisanmu. Hal ini juga akan menyangkut apakah karyamu nantinya akan diminati oleh para pembacamu atau malah menimbulkan hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Untuk cerita fan-fiction ini sendiri banyak jenisnya bukannya hanya satu jenis saja. Lalu apa saja sih jenis-jenis dari cerita fan-fiction tersebut?

Cerita Fan-fiction atau Fiksi Penggemar yang Paling Diminati Saat Ini

Yang paling terkenal dan banyak dibaca saat ini adalah jenis Alternative Universe (AU). Alternative Universe (AU) adalah jenis cerita fan-fiction yang ditulis oleh seorang penggemar dengan membuat situasi cerita yang berbeda dari kehidupan asli dari idolanya tersebut. Biasanya sosok idola yang digambarkan dalam cerita ini akan memiliki alur cerita yang berbeda dengan aslinya sesuai dengan keinginan dari penulis.

contoh cerita au sumber: https://t.co/mMs690Z4Z4″ / Twitter

Lalu ada juga Angst yaitu jenis cerita fan-fiction yang dibuat oleh seorang penggemar dengan menampilkan jalan cerita yang mampu membuat pembacanya meluapkan emosinya. Cerita ini biasanya dikemas dengan nuansa sedih dimana tokohnya akan dibuat menyedihkan hingga mampu menitikkan air mata bagi para pembacanya.

Alternative Universe (AU) di Media Sosial Twitter

Pernahkah sobat layar baca membaca cerita fan-fiction jenis ini di Twitter? Saat ini banyak sekali para penulis yang mempublikasikan karyanya dengan memanfaatkan media sosial. Salah satunya Twitter yang masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini. Para penulis tersebut memanfaatkan media yang ada sebagai tempat menyalurkan bakatnya dalam menulis. Sebelum itu, banyak juga aplikasi menulis yang menyediakan wadah bagi para penulis untuk menyalurkan bakat menulisnya seperti Wattpad dan aplikasi menulis lainnya yang didalamnya juga banyak memuat cerita-cerita jenis fan-fiction tersebut.  Namun saat ini kepopuleran fan-fiction jenis AU tersebut tidak bisa lepas dari media sosial Twitter karena banyak para penulis yang membuat cerita AU tersebut di Twitter mereka.

Biasanya cerita AU akan dibuat berupa tweet yang berisi gambar percakapan dari tokoh-tokoh yang terkait didalam cerita tersebut. Atau foto-foto tersebut dapat berupa gambar-gambar dari tokoh-tokoh idola yang dapat memperkuat visualisasi dari bacaan yang dibuat oleh penulis. Bahkan ada juga penulis yang menambahkan dengan fitur menulis teks dengan memanfaatkan beberapa platform yang biasanya memuat narasi dari tulisan tersebut agar tidak membingungkan pembaca saat membacanya.

Hingga kini mungkin ada ratusan atau ribuan cerita AU yang ada di Twitter dengan berbagai tokoh idola yang sedang ramai diperbincangkan oleh netizen dengan didominasi oleh tokoh idola k-pop dan lainnya. Bahkan karya-karya AU tersebut sudah banyak yang telah diangkat dalam bentuk novel hingga best seller atau bahkan hingga dibuat menjadi sebuah film.

salah satu cerita au telah terbit sumber: twitter.com

Nah, sobat layar baca sudah pahamkan kalau AU yang banyak bertebaran di media sosial itu termasuk jenis dari cerita fan-fiction loh. Para penulis saat ini banyak memanfaatkan media yang ada untuk mengasah bakatnya dalam menulis. Sobat layar baca suka baca AU dimana nih? Boleh spill judulnya juga dong untuk nambahin list AU yang akan dibaca teman-teman yang lainnya.

Eitts, tapi jangan lupa ya membaca itu ada etikanya. Hargai karya orang lain jangan menuntut jalan cerita sesuai dengan keinginanmu. Karena tulisan tersebut adalah hasil kreativitas dari seorang penulis loh. Semangat membaca.

 

Sumber :

Fiksi Penggemar. (2022, April 24). Retrieved Juni 28, 2022, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Fiksi_penggemar

Baharani, S. (2022). Komersialisasi Ciptaan Fiksi Penggemar (Fan-Fiction) Dalam Undang-Undang Hak Cipta Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6(2), 2567-2576.

 

Baca Juga: Fiksi Sejarah untuk Menemani Akhir Tahun

 

Ade Liza Maulitaya. Perempuan kelahiran Pematangsiantar, Sumut 18 Juni 2001 ini menyukai dunia membaca dan menulis sejak dulu. Meski dulunya hanya suka menulis karangan bebas hasil imajinasinya. Keinginan terbesarnya saat ini menulis sebuah buku lalu diterbitkan. Jika ingin lebih kenal lagi bisa hubungi di ig @adlizamlty.

Author: Ade Liza Maulitaya

Ade Liza Maulitaya. Perempuan kelahiran Pematangsiantar, Sumut 18 Juni 2001 ini menyukai dunia membaca dan menulis sejak dulu. Meski dulunya hanya suka menulis karangan bebas hasil imajinasinya. Keinginan terbesarnya saat ini menulis sebuah buku lalu diterbitkan. Jika ingin lebih kenal lagi bisa hubungi di ig @adlizamlty.

2 thoughts on “Alternative Universe (AU) genre Fan-fiction yang Banyak Diminati Saat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: