Mention Confess : Fenomena Confession secara Anonim di Media Sosial

Saat ini media sosial telah berkembang pesat di masyarakat. Dengan banyaknya manfaat yang dihadirkan oleh media sosial ini menjadi salah satu alasan bertambah pesatnya perkembangan media sosial tersebut. Salah satu manfaat yang dihadirkan oleh media sosial saat ini adalah sebagai wadah melakukan sebuah pengakuan atau dikenal dengan istilah confession. Secara bahasa confession berasal dari kata confess yang dalam bahasa Inggris berarti mengakui. Kata tersebut saat ini sering sekali muncul di media sosial khususnya Twitter ataupun Instagram.

media sosial twitter
sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/25/160400265/berbagai-istilah-di-dunia-twitter-yang-wajib-diketahui-apa-saja-?page=all

Bagaimana sebenarnya mention confess ini? Berikut secara singkat penjelasannya di bawah ini.

Mention Confess di Media Sosial

Fenomena mention confess ini berawal dari banyaknya muncul akun-akun autobase yang memiliki fitur auotomenfess. Biasanya akun-akun tersebut digunakan untuk mengungkapkan sesuatu secara anonim atau identitas pengirim (sender) yang tidak diketahui. Mention Confess ini banyak ditemui di Twitter maupun Instagram. Banyak yang berlomba-lomba membuat akun ini dengan tujuan melakukan pengakuan tersebut sesuai dengan arti kata confess yang dalam bahasa Inggris berarti mengakui.

alur tweet menfess di twitter
sumber: https://www.drakoran.com/2022/03/autobase-twitter.html

Saat ini hampir semua institusi seperti sekolah atau kampus memiliki akun tersebut yang biasanya dibuat oleh salah satu organisasi yang mengatasnamakan institusi tersebut. Misalnya di sekolah ada organisasi osis maka salah satu bagian kepengurusan di osis tersebut menjadi pemegang akun menfess tersebut. Biasanya akun ini banyak digunakan sebagai wadah curhat secara anonim bagi yang ingin mengakui sesuatu secara anonim seperti mengakui perasaan kepada seseorang ataupun ungkapan kekesalan serta kesalahan.

Namun tak hanya itu, akun menfess ini juga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu wadah curhat online secara anonim oleh para pengikutnya. Biasanya terdapat rules yang telah ditetapkan oleh akun-akun menfess tersebut untuk para pengirim pesan. Sehingga bagi siapa saja yang ingin melakukan confess harus mengirim DM atau Direct Message kepada akun tersebut dengan ketentuan rules yang telah berlaku.

contoh DM dengan pemberitahuan rules
sumber: https://jalantikus.com/quotes/kata-kata-menfess/

Media Sosial Twitter sebagai Salah Satu Wadah Mention Confess

Twitter merupakan salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat baik di Indonesia maupun dunia. Twitter ini merupakan jejaring sosial yang dioperasikan oleh Twitter Inc. yang memberikan fitur untuk mengirim atau membaca pesan yang dapat disebut sebagai tweets atau kicauan. Twitter sama dengan media sosial lainnya banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya sebagai media komunikasi antar pengikutnya. Namun seiring berkembangnya zaman Twitter banyak dimanfaatkan untuk hal lain salah satunya adalah sebagai wadah confess ini.

Awalnya fenomena confess di Twitter ini mulai ramai sejak adanya salah satu fitur yang dimiliki oleh Twitter yaitu fitur automenfess pada akun yang berbasis autobase. Saat ini akun-akun autobase tersebut sangat banyak dan mudah ditemukan di Twitter. Akun-akun ini pun hadir dengan berbagai tujuannya masing-masing, seperti ada yang digunakan untuk berinteraksi serta mencari informasi mengenai Kpop ataupun Kdrama, ada juga menfess yang digunakan untuk mengirim kisah-kisah yang real atau berhubungan dengan kehidupan nyata maupun menfess yang bisanya digunakan oleh mahasiswa yang berkaitan dengan dunia perkuliahan atau sejenisnya.

salah satu contoh tweet di akun menfess
sumber: https://jalantikus.com/quotes/kata-kata-menfess/

Dengan banyaknya akun-akun menfess ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa saat ini media sosial sangat berperan besar bagi masyarakat. Salah satunya adalah melakukan confess atau pengakuan walaupun bersifat anonim. Nah sobat layar baca, siapa ini yang sering curhat anonim di akun menfess hayoo. Enggak salah kok selama yang kamu akui itu tidak bersifat privacy dan dapat membantu kamu mencari jalan keluarnya. Karena biasanya jika kamu mengakui sesuatu secara anonim di akun menfess lalu akun tersebut mempublikasikannya, ada kemungkinan kamu juga menemukan akun-akun pengguna yang memiliki cerita yang kurang lebih sama denganmu. Dan biasanya banyak juga yang akan sharing solusinya di kolom komentar confess tersebut. Misalnya di Twitter jika admin akun menfess tersebut membuat tweet yang berisi confess milikmu, maka di kolom komentar tweet tersebut akan banyak pengguna-pengguna dari followers atau non followers akun tersebut yang akan mengirimkan komentar.

Baca Juga : Alternative Universe (AU) genre Fan-fiction yang Banyak Diminati Saat Ini

Ade Liza Maulitaya. Perempuan kelahiran Pematangsiantar, Sumut 18 Juni 2001 ini menyukai dunia membaca dan menulis sejak dulu. Meski dulunya hanya suka menulis karangan bebas hasil imajinasinya. Keinginan terbesarnya saat ini menulis sebuah buku lalu diterbitkan. Jika ingin lebih kenal lagi bisa hubungi di ig @adlizamlty.

 

 

Author: Ade Liza Maulitaya

Ade Liza Maulitaya. Perempuan kelahiran Pematangsiantar, Sumut 18 Juni 2001 ini menyukai dunia membaca dan menulis sejak dulu. Meski dulunya hanya suka menulis karangan bebas hasil imajinasinya. Keinginan terbesarnya saat ini menulis sebuah buku lalu diterbitkan. Jika ingin lebih kenal lagi bisa hubungi di ig @adlizamlty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: